Aplikasi Mirip TikTok: Bebas Khawatir ketika TikTok dilarang di Indonesia

aplikasi mirip tiktok

Tahu nggak sih kalau TikTok resmi dilarang di India pada akhir Juni dan akhirnya Amerika Serikat yang juga melarang aplikasi tersebut pada Minggu, 20 September 2020 lalu? Pelarangan ini merupakan buntut dari perseteruan Cina dan Amerika. ByteDance selaku perusahaan pemilik TikTok mengungkapkan bahwa pelarangan ini sangat bernuansa politis. Nah tuh, gara-gara politik yang memanas, jadi berimbas kemana-mana deh. Otomatis hasil pelarangan ini bikin pengguna TikTok di Indonesia khawatir dong. Kira-kira apakah Indonesia menyusul pelarangan tersebut mengingat Indonesia merupakan sekutu dari Amerika Serikat? Lalu adakah pengganti aplikasi mirip TikTok?

Menurutku wajar saja sih jika kekhawatiran pelarangan TikTok ini muncul, mengingat jumlah pengguna TikTok di Indonesia sangat besar dan terhitung aktif mengunggah konten setiap harinya. Ada saja hal yang bisa dijadikan konten TikTok oleh para netizen, mulai dari konten hiburan hingga edukasi.

Kebanyakan pengguna TikTok mengkhawatirkan bagaimana nasib konten yang telah mereka unggah, apalagi jika pelarangan TikTok di Indonesia diberlakukan. Apakah konten-konten TikTok yang sudah diunggah bisa diselamatkan? Ya kan, kalian tahu sendiri kalau membuat konten TikTok tuh nggak mudah karena butuh ide, kesabaran, dan proses yang nggak main-main. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu selebgram perihal TikTok.

“Aku kan main TikTok karena suka dengan fiturnya, dan juga sekarang followersku sudah lumayan banyak, kalau kenapa-kenapa kan sayang. Lagipula aku takut video-videoku hilang, karena selama ini aku usaha bikin video di TikTok itu semaksimal mungkin. Jadi kalau sampai hilang, aku bakal sedih” ujar Yuni Sahara, selebgram pemilik akun @yunisahara1409 yang juga memiliki 90,000 followers di TikTok.

Kalau saja pelarangan TikTok beneran terjadi di Indonesia, pengguna TikTok di sini nggak perlu khawatir kok, karena ada aplikasi mirip TikTok yang dapat digunakan sebagai alternatif. Ada pula beberapa website yang dapat mengunduh dan mengunggah seluruh konten TikTok dengan mudah. Penasaran apa saja aplikasi dan websitenya? Yuk disimak.

Website Pengunduh Konten TikTok

1. TikTok Downloader Online

Nah, salah satu website pengunduh konten TikTok adalah website dengan alamat URL https://tiktokdownloaderonline.com/. Website ini bisa digunakan untuk mengunduh semua konten pengguna di TikTok hanya dengan mencantumkan username dan link konten pengguna secara gratis lho. Jadi, praktis banget kan?

2. Downloaderi

Lalu ada lagi nih Downloaderi yang bisa kita akses melalui alamat URL https://downloaderi.com/ . Dengan website ini, pengguna bisa mengunduh konten TikToknya dengan memasukkan link konten saja. Kemudian konten yang sudah diunduh dapat diupload ke aplikasi mirip tiktok atau sejenisnya deh.

3. SSS TikTok

Terakhir website yang bisa digunakan untuk mengunduh konten TikTok hanya dengan memasukkan link kontennya saja, berikut alamat URLnya https://ssstiktok.io/. Nggak pakai ribet karena proses unduhnya sangat gampang.

Nah semua website di atas sangat mudah digunakan untuk mengunduh konten TikTok kita, silakan tinggal kamu pilih dan sesuaikan saja ingin menggunakan website yang mana.

Daftar Aplikasi Mirip TikTok

Proses selanjutnya jika kita sudah selesai mengunduh seluruh konten TikTok, ada baikya kita juga mengunggah ulang konten-konten tersebut ke platform serupa dengan TikTok supaya ritme kreatifitas kita tetap terjaga dong. Nggak mau kan kalau konten TikTok kita beneran hilang begitu saja? Nah, berikut adalah daftar aplikasi yang memiliki fitur serupa dengan TikTok:

Beberapa Aplikasi Mirip TikTok atau yang Memiliki Fitur Sejenis
Beberapa Aplikasi Mirip TikTok atau yang Memiliki Fitur Sejenis
  1. Cocofun
  2. Likee
  3. Nimo TV
  4. Dubsmash

Semoga dengan adanya website pengunduh dan pengunggah ini, para pengguna nggak perlu khawatir lagi akan hilangnya konten jika tiba-tiba TikTok dilarang di Indonesia. Selain itu, semoga para pengguna juga tetap bisa menghasilkan karya tanpa hambatan karena telah ada aplikasi mirip TikTok yang bahkan lebih lengkap secara fitur dan kemudahannya.