ASUS TUF Gaming A15 FX506: Ultimate Gaming, Fast Tasking

Ngomongin soal gaming, tentu sangat menyenangkan bukan? Banyak keseruan yang bisa diceritakan dan dibagikan. Btw, biasanya kalian main game menggunakan console apa nih? PC, smartphone, gaming console atau laptop? Jujur aku pernah menggunakan semuanya, maklumlah karena sejak kecil doyan banget yang namanya main game. Nah ditulisan kali ini aku akan sedikit bercerita mengenai pengalaman gaming-tasking dan juga review Laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506 nih. Yuk cekidot.

Bermula dari Gaming Hingga Content Creator

Aku ingat betul saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) sudah senang sekali main ke rental PS sampai berjam-jam untuk nge-game atau bahkan hanya sekadar melihat orang-orang bermain (game). Makanya sering banget Ibu mencari keberadaanku karena nggak pulang-pulang. Ya namanya juga anak SD kan ya, menemukan hal yang menarik dan menyenangkan otomatis langsung penasaran dong.

Nah mulai saat itu sepertinya passion-ku di dunia game dan dunia tekno mulai tumbuh. Saat masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), aku berhasil merayu Bapak dan Ibu untuk membelikan seperangkat PC lengkap sebagai pendukung belajar. Padahal waktu itu sengaja minta PC biar bisa nge-game di rumah. Hihihi. Ya daripada kalau nge-game di rental PS kudu bayar dan berujung kena marah ibu.

Ternyata dengan hadirnya PC, lambat laun aku mulai belajar dan tertarik untuk membuat sesuatu yang awalnya hanya iseng. Entah itu edit gambar, membuat video, bahkan edit game supaya bisa disisipi tulisan atau gambar yang aneh-aneh, kalau istilah zaman sekarang namanya modding. Sampai akhirnya beberapa tahun lalu aku memutuskan untuk merakit PC Gaming. Belajar merakit PC melalui chanel Youtube, serba otodidak pokoknya karena saking doyannya main game dan menginginkan console yang powerful untuk bermain game.

Bersinergi Menjadi Content Creator dan Developer

Menjadi Gamer dan Content Creator dengan PC Rakitan Berkat Nonton Youtube

Ternyata hobi gaming-ku juga menumbuhkan kreativitas yang belakangan ini merambah ke dunia desain grafis dan develop website. Bermain game tetap lanjut, produktivitas juga tak ketinggalan. Bersyukur banget karena menyenangkan sekali memiliki hobi yang dibayar.

Selain menjadi gamer entry level, sebagai seorang content creator dan developer tentu aku sering menghadiri event atau meeting bertemu klien. Dulu, saat memutuskan merakit PC gaming, aku nggak berpikir kalau ternyata menjadi seorang content creator dan developer juga butuh alat yang memiliki portabilitas tinggi agar bisa dibawa seperti laptop. Hal ini tentu menjadi kendalaku karena saat ini hanya memiliki PC.

Nah, beberapa hari yang lalu aku menemukan laptop yang cocok banget untuk seorang entry-gamer sekaligus content creator, ASUS TUF Gaming A15 FX506 menurutku menjadi salah satu solusi bagi gamer sekaligus content creator karena hadir dengan spesifikasi yang powerful. Produk lini ini disebut “The Ultimate Force” atau biasa dikenal dengan TUF Gaming yang powerful, durable dan gagah.

ASUS TUF Gaming A15 FX506 Handal untuk Gaming Maupun Multitasking

Berbicara laptop yang powerful, pasti hal utama yang menjadi sorotan adalah kemampuannya untuk melakukan tugas berat, jenis prosesor yang digunakan, grafis, hingga berapa besar kapasitas RAM yang tersemat. Nah berikut ini beberapa alasan mengapa laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506 sangat layak untuk gaming maupun multitasking tugas berat.

Kejar Deadline dan More Fun dengan Prosesor 7nm

Demi mendukung performa tinggi, ASUS TUF Gaming A15 FX506 dibekali dengan AMD Ryzen 4000 H series yang secara khusus diperuntukkan untuk gamer dan content creator mobile. Semua prosesor yang tersemat di laptop ini dibuat dengan fabrikasi 7nm terbaru. Mulai dari AMD® Ryzen™ 5 4600H Processor (6 cores dan 12 threads), hingga AMD® Ryzen™ 9 4900H Processor (8 cores dan 16 threads).

Dengan cores dan threads besar, tentu kegiatan multitasking dan tugas berat menjadi lebih cepat dan ringan. Apalagi base clock dari CPU ini dapat diboost clock sampai MAX 4.4GHz (AMD® Ryzen™ 9 4900H).

Benchmark Performa AMD® Ryzen™ 7 4800H untuk Content Creation

Sebagai content creator, buatku multi core dan multi threads ini sangat berguna untuk menunjang multitasking berat. Seperti render video, 3D rendering dan aplikasi-aplikasi lain yang mendukung multi-threading. Kalau menurutku, prosesor ini ibarat juru selamat saat mengerjakan deadline job dan project yang waktunya mepet.

Dari pengalamanku saat render video dan 3D rendering, manfaat dari boost clock, multi cores, dan multi threads ini sangatlah terasa. Bahkan tak jarang aku melakukan Overclocking (OC) untuk memperoleh kinerja maksimal. Meskipun tidak semua aplikasi mendukung multi threads atau pun multi core, penggunaan boost clock masih sangat berguna di banyak aplikasi.

Performa AMD® Ryzen™ 7 4800H untuk Beberapa Game Berat

Untuk gaming sendiri, prosesor ini mampu menaikkan framerate (FPS) yang akan memberikan performa nge-game yang nyaman tanpa lagging. Meskipun proses utama grafis game pada laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506 digantikan oleh dedicated GPU, peran CPU untuk menaikkan framerate masih worth banget.

FYI, Prosesor AMD Ryzen 4000 series sebenarnya tersemat integrated GPU AMD Radeon™ Graphics lho, yang memiliki performa setara dengan kartu grafis diskrit atau dedicated GPU. Jadi untuk gaming, nggak perlu diragukan lagi deh. Apalagi pada Laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506 ditambah dengan dedicated GPU yang akan kita bahas di bawah ini.

Tabel Spesifikasi AMD Ryzen 4000 series

Selain itu, keuntungan lain penggunaan prosesor dengan fabrikasi 7nm adalah konsumsi daya yang relatif kecil namun dengan kemampuan setara prosesor PC. Rata-rata TDP Prosesor ini nggak lebih dari 45W. Lebih hemat daya, lebih banyak main, more fun kan?

Naik Level dengan NVIDIA® GeForce RTX™

Berbicara game, nggak akan jauh dari Graphics Processing Unit (GPU). Seperti yang aku utarakan di atas tadi, selain tersemat iGPU di prosesornya, ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini juga dipersenjatai dengan dedicated GPU dari NVIDIA lho.

Ada beberapa pilihan GPU mulai dari NVIDIA® GeForce® GTX 1650 , dengan 4GB GDDR6 VRAM sampai dengan NVIDIA® GeForce® RTX 2060 , dengan 6GB GDDR6 VRAM. Wah main game auto setting rata kanan nih.

Lantas apa sih yang membuat GPU seri RTX begitu powerful? Ya, karena kartu grafis seri RTX ini menggunakan arsitektur NVIDIA Turing yang merupakan arsitektur GPU tercanggih di dunia. Memiliki fitur real-time ray tracing di dalam game yang dikombinasikan dengan AI canggih dan program shader. Seri RTX ini memiliki performa 6x lebih cepat dibanding versi sebelumnya.

Contoh Penggunaan Realtime Ray Tracing pada Game
Tanpa Realtime Ray Tracing

Dengan fitur real-time tracing, pantulan cahaya, pencahayaan, dan bayangan di dalam game jadi lebih hidup. Menciptakan gambar yang lebih realistis dibanding teknik render tradisional.

Berikut ini beberapa benchmark game populer dengan beberapa mode:

  • Assassin’s Creed Odyssey
  • Monster Hunter World
  • The Witcher 3
  • GTA V
  • Far Cry 5
  • Shadow of the Tomb Raider
  • Overwatch

Nilai dalam FPS (Nilai terbesar lebih baik)

Oh iya selain untuk grafis game, kartu grafis RTX ini juga memiliki peran penting lainnya lho, seperti dapat mempercepat sejumlah tugas pembuatan konten seperti render video, render 3D dan foto.

  • FX506II
  • FX506IV

ADOBE PREMIERE PRO CC
Chart performa render dalam detik (Nilai terkecil lebih baik)

Sebagai contoh rendering video di aplikasi Adobe Premiere Pro CC, Laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506IV (RTX 2060) hanya memerlukan waktu 1 menit lebih 18 detik untuk export video Full HD 60 fps dengan durasi video 2:07 menit. Cepat sekali bukan?

Tak Perlu Melamun Lama dengan SSD NVMe® yang Gesit

Satu hal yang nggak boleh ketinggalan dan sering dianggap sepele oleh banyak orang yaitu storage gesit. Pernah nggak kalian membuka aplikasi dan menunggu loading terlalu lama? Atau menatap layar sambil melamun karena loading game yang nggak kelar-kelar? Hal demikian yang dulu sering banget aku alami ketika masih menggunakan HDD biasa. Pernah juga merasakan main moba sampai ketiduran gara-gara loading source yang terlalu lama. Jadi AFK deh. Huhuhu

Hal lain yang paling terasa ketika menggunakan SSD gesit adalah proses booting yang super cepat. Berbeda ketika menggunakan HDD yang membutuhkan waktu booting rata-rata 20 menitan sampai laptop siap digunakan, SSD jauh lebih unggul dengan booting hanya hitungan detik.

Meskipun spesifikasi laptop atau PC tinggi, ketika hanya menggunakan HDD, tentu proses pemuatan (loading) akan lebih lama dikarenakan kecepatan baca file yang rendah. Nah untungnya di Laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini tersedia dengan SSD NVMe® PCIe® Gen3 yang berkapasitas mulai dari 256GB hingga 1TB loh.

Tes Uji Kecepatan SSD

Kecepatan baca-tulis SSD yang tersemat di laptop ini terbilang cepat dengan 1987 MB/s untuk kecepatan baca dan 978 MB/s untuk tulis. Dengan kecepatan tersebut, membuka aplikasi bisa lebih cepat, mengurangi waktu tunggu yang berarti lebih banyak waktu untuk bekerja dan bermain.

Desain Keren ASUS TUF Gaming A15 FX506 dengan Ketahanan Military Grade

Ah dari tadi bahas performa mulu, gamer juga identik dengan desain keren-gagahnya kan? Eits tenang, di sesi ini aku akan membahas desain keren, ketahanan, dan fitur-fitur gaming-nya kok.

Durabilitas Tinggi Laptop The Ultimate Force

Lini laptop The Ultimate Force atau sering dikenal dengan singkatan TUF terkenal dengan durabilitas tinggi. Sama halnya dengan ASUS TUF Gaming A15 FX506 untuk memperoleh gelar TUF harus melewati serangkaian tes uji MIL-STD-810H yang sangat ketat. Mulai dari tes jatuh, getaran, suhu, dan kelembapan.

Tes uji seperti drop test memastikan laptop tahan dari kerusakan parah akibat jatuh atau benturan yang sering terjadi sehari-hari. Pun pengujian getaran berperan penting untuk memastikan komponen internal laptop tetap aman selama perjalanan. Makanya laptop ini juga cocok sekali digunakan orang yang memiliki mobilitas tinggi yang harus membawa laptopnya ke mana-mana, nggak akan lagi khawatir jika ketika terjadi hal yang tak diinginkan karena laptop pastinya tetap aman.

Adapun laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506 dibekali baterai 48Wh tahan lama yang mampu bertahan sampai 12,3 jam untuk memutar video, 8,7 jam untuk web browsing. Dengan daya tahan baterai yang awet ditambah dengan desain sasis yang lebih kecil dan ringan dari pendahulunya, tentu laptop ini memiliki portabilitas tinggi untuk dibawa kemana-mana. Kita nggak akan ribet mencari ketersediaan stop kontak untuk meng-charging. Memang ya, laptop ini cocok banget buat seorang entry gamer dan content creator yang memiliki mobilitas tinggi.

Pilihan Desain Sasis Bergaya Striking dan Stealthy

Ngomongin desain sasis, laptop gaming pastinya memiliki desain keren dan gagah dong. Bagi seorang gamer, desain laptop merupakan bagian dari identitas mereka yang tak terpisahkan. Laptop gaming setidaknya harus mengandung gaya futuristik, aksen bergaris tegas, dan gagah.

Pilihan Sasis Bonfire Black (kiri) dan Fortress Grey (kanan)

Menariknya, ASUS TUF Gaming A15 FX506 hadir dengan 2 pilihan desain sasis yang menyesuaikan gaya pribadi pemiliknya. Ada Bonfire Black yang memiliki aksen garis-garis striking-elegan di bagian punggung layar untuk menguatkan identitas gamer sejati dan ada desain Fortress Grey yang memiliki desain simpel elegan yang terkesan ramping dan stealthy cocok untuk para content creator. Kalau kalian pilih yang mana nih? Bingung ya? Karena keduanya sama-sama cool abis.

Keyboard Khusus Gaming dengan Led RGB

Dalam dunia gaming, keyboard memiliki peranan vital. Terutama game ber-genre First Person Shooter (FPS) atau pun game Moba yang sama-sama memerlukan kecekatan kolaborasi antara penggunaan keyboard dan mouse.

Laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini dibekali keyboard khusus yang dioptimasi untuk game. Seperti tuts khusus transparan WASD yang memudahkan kita untuk fokus kontrol navigasi game. Gamer FPS pasti paham betul betapa pentingnya tombol ini, ya kan?

Keyboard ASUS TUF Gaming A15 FX506 menggunakan layout full-sized desktop keyboard yang dilengkapi dengan numeric pad di sebelah kanan untuk memudahkan input angka. Sedangkan tuts panah ditempatkan agak terpisah (ada sedikit space) dengan tuts lain supaya menciptakan pengalaman bermain game lebih nyaman tanpa khawatir salah pencet. Keyboard laptop ini pun memiliki durabilitas tinggi yang mampu menahan lebih dari 20 juta tekanan. Jelas mencerminkan TUF sejati banget kan?

Untuk menciptakan kenyamanan bermain, keyboard ASUS TUF Gaming A15 FX506 juga memiliki Teknologi Overstroke dengan travel distance 1.8 mm. Teknologi ini meningkatkan akurasi dan kecepatan input dengan respon gesit yang sangat dibutuhkan pada game FPS.

Keyboard RGB ASUS TUF Gaming A15 FX506
Keyboard RGB

Selain keunggulan gaming keyboard di atas, keyboard ASUS TUF Gaming A15 FX506 juga memiliki backlit RGB keren yang warnanya bisa diubah sesuai dengan warna lednya menggunakan ASUS Aura dengan beberapa pilihan mode. Seperti mode static, breathing, color cycle, dan strobing. Keren nggak tuh. Zaman sekarang, kalau laptop gaming nggak ada RGB rasanya kurang keren kan ya? Aku aja suka banget fitur RGB ini.

Layar Nano-Edge Gaming IPS dengan Refresh Rate 144Hz

Untuk menunjang pengalaman gaming yang sempurna, ASUS TUF Gaming A15 FX506 dilengkapi dengan layar 15.6 inch berkecepatan tinggi hingga 144Hz yang dapat disinkronkan dengan frame rate GPU (G-SYNC) untuk mengurangi lag dan visual tearing.

ASUS TUF Gaming A15 FX506 Layar desain Nano-Edge IPS dengan Refresh Rate 144Hz
Layar desain Nano-Edge IPS dengan Refresh Rate 144Hz

Dengan refresh rate yang tinggi, setiap frame yang dikirim dari GPU dapat dieksekusi dengan optimal di monitor. Misal jika sebuah game dengan 100 FPS, maka frame yang ditampilkan di monitor juga 100Hz (100 frame per detik). Gambar yang ditampilkan tentunya menjadi lebih halus. Keren bukan? GPU laptopnya gesit, layarnya juga harus mengimbangi GPU dengan refresh rate tinggi dong.

Untuk design, laptop ini dibekali layar Nano-Edge Display yang memiliki layar luas sampai ke tepi layar dengan fitur IPS-Level, Color Gamut 45% NTSC dan anti glare.

Adapun fitur keren lain yaitu mendukung Multi-Monitor melalui USB 3.2 Gen 2 Type-C™ dengan DisplayPort™ 1.4 yang juga memiliki kemampuan G-SYNC. Ketika multi-monitor ini dihubungkan, pengguna dapat memperluas tampilan layarnya ke layar tambahan. Fitur ini sangat berguna bagi gaming dan editing agar memperoleh view yang lebih lebar.

Audio yang Dioptimalkan untuk Gaming

Siapa bilang audio kurang penting dalam dunia gaming? Jangan salah, gamer sejati tahu betul pentingnya audio dalam game. Maka nggak heran banyak dari mereka menggunakan gaming gear yang mahal untuk mendukung performanya dalam bermain.

Nah, ASUS TUF Gaming A15 FX506 dilengkapi dua speaker yang ditingkatkan sehingga menghasilkan suara 1.8x lebih keras dan suara bass 2.7x lebih dalam dibanding seri sebelumnya.

Audio ASUS TUF Gaming A15 FX506 yang Dioptimalkan untuk Gaming dengan DTS: X™ Ultra
Audio yang Dioptimalkan untuk Gaming dengan DTS: X™ Ultra

Fitur unggulan dari audio laptop ini yaitu hadirnya DTS: X™ Ultra technology yang memberikan suara surround virtual 7.1. Fitur surround ini sangat membantu gamer saat bermain. Terutama game FPS yang mengandalkan arah sumber suara untuk mendeteksi keberadaan musuh.

Sedangkan untuk content creator, mereka cukup dimanjakan dengan hadirnya 8 mode preset yang dioptimalkan untuk musik, video, dan keperluan lain, serta equalizer bawaan yang bisa diatur sesuka hati.

Tetap Nyaman dan Aman dengan Pendingin Komprehensif

Dikarenakan pemakaian laptop gaming cenderung berat dan powerful, maka nggak heran jika sebuah laptop gaming harus memiliki sistem pendingin ekstra dan komprehensif demi mempertahankan kinerja tinggi dan kenyamanan pemakaian dari panas berlebih.

Untuk mewujudkan pengalaman gaming yang sempurna, ASUS TUF Gaming A15 FX506 dilengkapi dengan dua buah kipas dengan fitur self-cleaning. Fitur ini berfungsi untuk menangkap partikel debu yang masuk ke dalam laptop kemudian membuangnya keluar lewat terowongan samping kipas.

Pendingin komprehensif ASUS TUF Gaming A15 FX506
Pendingin komprehensif ASUS TUF Gaming A15 FX506

Terdapat pula beberapa heat pipe dan 3 heatsink yang berfungsi menyalurkan panas dan menariknya keluar. Dengan adanya sistem pendingin yang komprehensif ini, udara segar dapat dengan mudah masuk melalui ventilasi di bawah laptop yang berbentuk honeycomb kemudian mengeluarkan udara panas melalui 3 heatsink dengan cepat.

Untuk memaksimalkan kinerja, ada fitur menarik nih dari laptop ini, yaitu profil skenario otomatis yang menyesuaikan penggunaan untuk mengoptimasi kinerja laptop sesuai apa yang dibutuhkan oleh pengguna. Misal ketika laptop digunakan untuk game berat, otomatis laptop akan mengoperasikan kipas dengan maksimal agar suhu laptop tetap terjaga. Ketika digunakan untuk kerja ringan, kipas disesuaikan untuk berputar lebih lambat dan senyap sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan.

Konektivitas dan Kemudahan Upgrade ASUS TUF Gaming A15 FX506

Dari segi konektivitas, laptop ini terbilang lengkap. Terdapat banyak port I/O yang memungkinkan pengguna menghubungkan banyak perangkat ke laptop. Terdapat 2 buah USB 3.2 Tipe A (Gen 1) yang menawarkan kecepatan transfer tinggi, serta sebuah USB 2.0 Tipe A tambahan. Untuk display port sendiri, tersedia port USB 3.2 Gen 2 Type-C™ dengan DisplayPort™ 1.4 dan HDMI yang telah support 2.0b. Satu hal lagi yang nggak boleh ketinggalan untuk laptop gaming, yaitu port RJ45 LAN jack dan COMBO audio jack.

Port i/o ASUS TUF Gaming A15 FX506
Kelengkapan Port i/o untuk Terhubung ke Dunia Luar

Nah sedangkan untuk konektivitas networking, laptop ini dilengkapi dengan Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2×2)) yang cepat dan Bluetooth® 5.0. Gimana lengkap banget bukan?

Selain konektivitas port I/O yang lengkap, laptop ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini memiliki kemudahan upgrade lho. Pengguna bisa meng-upgrade sendiri komponen laptop ini hanya dengan membuka panel bagian bawah laptop menggunakan obeng.

Tersedia tambahan slot 1xSSD NVMe dan 1xHDD yang bisa ditambah untuk menunjang segala kebutuhan penyimpanan. Di bagian RAM, walaupun telah tersemat RAM 8 GB DDR4 3200MHz, masih bisa kita ditingkatkan lagi sampai 32 GB menggunakan 2 x SO-DIMM socket dual channel.

Kemudahan Upgrade ASUS TUF Gaming A15 FX506
Kemudahan Upgrade dan Beberapa Opsi Slot Tambahan

Personalisasi dan Penyetelan Sistem yang Mudah di ASUS TUF Gaming A15 FX506

Personalisasi dan penyetelan sistem (tweaking) nggak pernah lepas dari dunia gaming. ASUS TUF Gaming A15 FX506 menawarkan personalisasi dan penyetelan sistem terintegrasi dalam satu aplikasi yang bernama Armoury Crate.

Mengatur efek led RGB pada keyboard dengan beberapa pilihan mode
Membantu update driver dan firmware yang diperlukan laptop
konfigurasi pengaturan laptop untuk mendapatkan setting yang diinginkan

Di dalam aplikasi Armoury Crate, pengguna dapat mengatur RGB Aura pada keyboard, update driver dan firmware, memonitor penggunaan laptop (seperti CPU Stats, kecepatan kipas, penggunaan RAM), mengatur konfigurasi mapping key, overclocking dan lain-lain.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk memilih mode skenario yang digunakan untuk menyesuaikan penggunaan laptop. Misal mode silent untuk kerja ringan yang meminimalkan kebisingan saat bekerja. Sedangkan mode performance yang menawarkan keseimbangan antara kinerja, temperatur, dan tingkat kebisingan yang masih nyaman yakni dibawah 40dB. Nah adapun mode turbo bisa digunakan bagi yang ingin merasakan performa maksimal dari laptop ini tanpa ada hambatan. Mode ini tentunya sangat cocok untuk memainkan game berat.

Kesimpulan ASUS TUF Gaming A15 FX506

Nah gimana nih? Setelah membaca review laptop ASUS di atas, apakah kalian sudah bersiap mengganti PC gaming dengan ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini? Kalau aku, sudah siap banget mengingat selain menjadi gamer juga sebagai content creator yang membutuhkan laptop powerfull baik untuk gaming maupun untuk multitasking mengerjakan project develop, editing foto, dan video.

Meskipun laptop ini masuk di lini TUF Gaming, namun performa yang ditawarkan masih lah worth it jika dibandingkan dengan lini di atasnya yaitu ROG. Laptop ini menjadi pilihan terbaik untuk laptop performa handal yang memiliki durabilitas tinggi. Cocok bagi entry gamer dan content creator dengan harga yang relatif terjangkau.

FYI, harga laptop ini bervariasi tergantung spesifikasi yang ditawarkan ya.

  • Rp 14.299.000 – AMD Ryzen™ 5 4600H/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe SSD
  • Rp 15.799.000 – AMD Ryzen™ 7 4800H/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe SSD
  • Rp 18.299.000 – AMD Ryzen™ 7 4800H/GTX1660Ti_V6G/8G/1TB HDD+256GB PCIe SSD
  • Rp 20.299.000 – AMD Ryzen™ 7 4800H/RTX2060_V6G/8G/512GB PCIe SSD

Spesifikasi Lengkap ASUS TUF Gaming A15 FX506

  • Prosesor
    AMD® Ryzen™ 7 4800H Processor,
    AMD® Ryzen™ 5 4600H Processor,
    
  • Sistem Operasi
    Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro for business.
    
  • Memori
    8 GB DDR4 3200MHz SDRAM, 2 x SO-DIMM socket for expansion, total up to 32 GB SDRAM, Dual-channel
    
  • Display
    15.6″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare IPS-level 144Hz Panel with 45% NTSC With Adaptive Sync
    
  • Grafis
    NVIDIA® GeForce® RTX 2060 , with 6GB GDDR6 VRAM
    NVIDIA® GeForce® GTX 1660TI , with 6GB GDDR6 VRAM
    NVIDIA® GeForce® GTX 1650Ti , with 4GB GDDR6 VRAM
    
  • Storage
    Hard drive:
    1TB 5400 rpm SATA HDD
    Solid state drive:
    256GB/512GB PCIe® Gen3 SSD
    
  • Keyboard
    Chiclet keyboard with isolated numpad key
    
  • WebCam
    HD 720p CMOS module
    
  • Networking
    Wi-Fi
    Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2×2))
    Bluetooth
    Bluetooth® 5.0 The Version of BT may change as OS upgrades
    
  • Interface
    1 x COMBO audio jack
    2 x Type-A USB 3.2 (Gen 1)
    1 x Type-C USB 3.2 (Gen 2) with display supportDP1.4
    1 x Type-A USB2.0
    1 x RJ45 LAN jack for LAN insert
    1 x HDMI, HDMI support 2.0b
    1 x AC adapter plug
    
  • Audio
    DTS:X® Ultra
    
  • Baterai
    48 Wh lithium-polymer battery Battery
    
  • Adaptor Daya
    Plug type :ø6.0 (mm)
    Output : 20 V DC, 7.5 A, 150 W / 9 A , 180 W
    19.5 V DC, 11.8 A, 230 W
    Input : 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
    
  • DimensiNB:
    35.9 x 25.6 x 2.47 ~2.49 cm (WxDxH)
    
  • Berat
    NB:2.3 kg
    
  • Sekuritas
    Kensington lock fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)

Sumber Bacaan:
– https://www.amd-id.com/2020/06/ryzen-4000-series-mobile-processor-prosesor-laptop-tercanggih-pertama-dan-satu-satunya-prosesor-7nm-untuk-laptop/
– https://www.nvidia.com/id-id/geforce/graphics-cards/rtx-2060-super/
– https://www.asus.com/id/support/FAQ/1042352/
– https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-TUF-Gaming-A15/Features/