Vivo S1 Menjelajah Waktu: Mobile Phone Evolution

Hai Sob, berjumpa lagi dengan Delonix Vanesta. Pada kesempatan kali ini aku akan mengajakmu menjelajah waktu nih Sob. Eh serius? Emang mesin waktu itu benar-benar ada? Bukan itu maksudku Sob, tapi kali ini kita akan berkenalan dengan Smartphone kekinian yang canggih Vivo S1 dan membandingkan kecanggihannya dengan era-era perkembangan ponsel dari dulu sejak seumuran aku masih SD sampai dengan S1. Wah menarik bukan? Gimana, mau aku ajak menjelajah waktu? Yuk cekidot.

Zaman SD (2001-2006), Ketika di Indonesia Masing Jarang yang Punya HP

Then: Telepon Seluler Berkamera Jadi Tren

Kita menuju zamannya ketika aku masih SD nih Sob. Pada era ini, masih jarang banget di lingkunganku yang punya ponsel. Paling yang punya orang-orang kaya (bukan sahabat missquen) dan orang penting saja. Meski perkembangan di luar sana sudah pesat dan banyak yang memiliki ponsel, namun di Indonesia masih lah jarang.

Di era ini juga muncul tren ponsel berkamera. Pada waktu itu ponsel berkamera adalah sesuatu yang “wah” dan elegan. Meski beresolusi rendah VGA sampai 5MP, namun aura “keren” yang terpancar dari pemilik ponsel berkamera ini menjadi kebanggaan tersendiri. Aku ingat betul ketika dibelikan ponsel berkamera pertamaku. Saat itu, banyak tetanggaku yang sering tanya “hp kamu mana, dibawa gak?” setiap waktu aku main ke tetangga karena penasaran dengan hp berkamera dan mau coba foto-foto. Hihihi jadul banget kan? Ya sebuah kenangan yang kalau dipikir-pikir bikin mau ketawa sendiri.

Now: Vivo S1 AI Triple Camera Evolution

Setelah kita dari masa lalu dan bertemu dengan perkembangan ponsel berkamera, kita lanjut ke era sekarang nih Sob. Perkembangan teknologi akhir-akhir ini sangatlah pesat. Banyak inovasi yang dikembangkan untuk ponsel, termasuk bagian kamera.

Vivo S1 Triple Camera
AI Triple Camera (Pic: Vivo Indonesia)

Banyak bermunculan kamera yang beresolusi tinggi. Tak hanya itu bahkan satu smartphone (panggilan zaman sekarang) memiliki banyak kamera 2, 3, 4 bahkan ada yang lebih. Seperti kamera dari smartphone Vivo S1 ini contohnya. Smartphone ini memiliki 3 Kamera belakang yang dilengkapi fitur kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence) yang masing-masing beresolusi 16MP f/1.78 untuk kamera utama, 8MP f/2.2 untuk kamera super wide angle yang dapat memperluas tangkapan gambar hingga 120°, dan 2MP f/2.4 sebagai depth sensor yang berguna menghasilkan foto bokeh.

Wide-Angle tidak aktif
Wide-Angle aktif

Tak hanya itu Sob, smartphone ini juga memiliki kamera depan dengan resolusi yang tinggi loh. Dilengkapi dengan 32MP AI Selfie Camera, Vivo S1 dapat menghasilkan foto dengan resolusi Ultra HD dengan tingkat ketajaman dan kejernihan yang tinggi. Apalagi dilengkapi dengan beberapa mode seperti AI Face Beauty, AI Selfie Lighting, AR Stickers, AI Filter, dan fitur lain. Wah gimana Sob? Jauh beda dengan ponsel era-era aku SD dulu kan?

32MP AI Selfie Camera
32MP AI Selfie Camera (Pic: Vivo Indonesia)

Zaman SMP (2007-2009), Eranya Telepon Seluler Berlayar Lebar

Then: Telepon Seluler Layar Sentuh

Oke lanjut ya Sob, ikatkan sabuk pengaman, karena kita akan kembali menuju zaman aku masih SMP nih. Pada era ini, sudah banyak di lingkunganku yang punya ponsel Sob. Mungkin lingkunganmu juga (asal usia kita sama). Namun ada hal menarik di era ini Sob, yaitu munculnya ponsel berlayar lebar yang bisa layar sentuh.

Waktu itu, telepon layar lebar touch screen (sebutan kerennya) adalah hal yang “wah” berikutnya. Bayangkan saja dengan munculnya ponsel semacam ini menjadikan penggunanya serasa punya kekuatan “magic” yang bisa mengoperasikan ponsel hanya dengan sentuhan jari tanpa tombol-tombol yang berisik lagi. Walaupun saat itu masih menggunakan teknologi Resistive Touch Screen yang saat itu lazim disebut layar sentuh pakai “kuku”. Hihihi.

Now: Vivo S1 Super Amoled Bezel-Less & Screen Touch ID

Terus bagaimana dengan zaman sekarang? Smartphone era kekinian mengusung layar yang lebih lebar nih Sob. Saking lebarnya tidak ada ampun untuk menyisakan body pada bagian depan smartphone. Hanya menyisakan sedikit bezel. Nah begitu pula dengan Vivo S1, smartphone ini dibekali layar Super AMOLED Ultra All Screen 6.38 inch dengan screen-to-body ratio hingga 90%. Wah wah itu layar seperti landasan pacu pesawat aja. Hihihihi.

Hebatnya lagi layar yang lebar tersebut tersemat fitur Touch ID loh Sob. Sebuah sidik jari pembuka kunci yang tertanam di layar. Biasanya kan fitur sidik jari ada di bagian belakang ponsel atau bagian bezel depan, lah ini ada di layarnya. Keren gak tuh.

Vivo S1 – Super Amoled Screen 6.38 inch & Touch ID
Vivo S1 – Super Amoled Screen 6.38 inch & Touch ID (Pic: Vivo Indonesia & Alphacoders)

Oh iya Sob, dengan adanya layar Super AMOLED ini, Vivo S1 mendukung fitur Always On Display yaitu fitur yang memungkinkan tampilan jam, notifikasi, info daya baterai, dan lain-lain secara terus-menerus (always on) saat ponsel stanby. Loh bukannya nanti menghabiskan baterai jika terus nyala? Kan layar AMOLED sangat hemat daya Sob, hanya bagian yang menampilkan gambar saja yang mengkonsumsi daya.

Gimana perbandingan teknologi then and now ini Sob, cukup membuat kamu terkagum kan? Masih ada lagi loh, yuk simak lagi.

Zaman SMA (2010-2012), Eranya Dinasti Smartphone

Then: Demam Smartphone Melanda Dunia

Wah ini saat aku masih di bangku SMA, zaman di mana ponsel-ponsel “cetuk” mulai tergusur dan punah digantikan dinasti ponsel yang baru berjuluk “Smartphone”. Dijuluki demikian karena ponsel ini dibekali beberapa aplikasi dan komponen yang canggih pula. Seperti GPS, kompas, layar sentuh kapasitif, proximity dan fitur-fitur keren yang lain.

Di zaman ini pula banyak pengguna ponsel generasi sebelumnya bermigrasi ke smartphone dikarenakan fitur-fitur canggih, aplikasi dan game yang lebih apik tentunya.

Now: Vivo S1 dengan AI yang Lebih Cerdas

Meskipun ponsel cerdas telah diikrarkan sejak aku masih SMA, bukan berarti sekarang ini tidak ada lagi smartphone yang lebih smart loh Sob. Nih Vivo S1 buktinya hadir dengan AI (Artificial Intelligence) yang lebih cerdas dari smartphone biasa zaman SMA. Yaitu “Jovi” dan “Google Assistant”

Fitur ini memungkinkan penggunanya memberikan perintah melalui suara, kemudian smartphone melaksanakan perintah sesuai perintah suara yang diberikan. Misalnya melakukan pencarian di internet, membuka aplikasi dan lain-lain.

32MP AI Selfie Camera
Fitur Jovi: AI yang Cerdas (Pic: Vivo Indonesia)

Oh iya ada lagi fitur keren dari AI ini seperti Jovi Image Recognizer. Kamu bisa menemukan produk yang kamu inginkan hanya dengan mengambil foto produk tersebut. Secara otomatis Jovi akan mencarinya di database market place untuk kamu. Satu kata untuk fitur ini: Epic.

Zaman S1 (2013-Now), Eranya Smarphone Vivo S1

Setelah bertravel ria ke berbagai zaman, akhirnya kita kembali ke zaman sekarang Sob. Zamannya aku di bangku kuliah S1, eranya smartphone Vivo S1 ini. Eh emang apa hubungannya dengan smartphone Vivo? Gak ada hubungannya Sob, kebutulan namanya aja yang sama: S1. Hihihihi. Dasar aji pengawuran. Ilmu cocoklogi ini sih.

Tapi paling tidak Vivo S1 ini bisa sebagai rujukan smartphone masa kini Sob. Smartphone yang mengusung desain stylish dan performa yang tangguh. Cocok banget buat kamu-kamu anak-anak zaman S1 yang lagi masa “Unlock Your Style“, yang lagi gencar-gencarnya mengedepankan style dan karakteristik pribadi. Hayo ngaku.

Era Smartphone Colorful yang Kekinian dengan Performa Tangguh

Mengusung desain stylish yang kekinian, Vivo S1 ini tampil dengan desain yang epic. Menggunakan teknik pelapisan nano-ion serta menggabungkan tema fashion dan alam menciptakan gradasi warna-warna 2.5D yang indah yaitu Skyline Blue dan Cosmic Green. Nah loh desainnya era kekinian banget kan Sob?

Vivo S1: Pilihan warna Cosmic Green dan Skyline Blue (Pic: Vivo Indonesia)
Vivo S1: Pilihan warna Cosmic Green dan Skyline Blue (Pic: Vivo Indonesia)

Selain tampilan desainnya yang keren, performa dari Vivo S1 ini tangguh loh Sob. Dilengkapi dengan prosesor octa-core berkecepatan hingga 2.0 GHz, RAM 4GB, Ruang penyimpanan 128GB, dan baterai besar berkapasitas 4500 mAh menjadikan smartphone ini mampu melibas habis segala multitasking dan gaming masa kini Sob.

Performa tangguh untuk segala kebutuhan Vivo S1
Performa tangguh untuk segala kebutuhan (Pic: Vivo Indonesia & PUBG)

Untuk fitur gaming sendiri, Vivo S1 ini dibekali fitur Ultra Game Mode dan Game Countdown yang memberikan notifikasi sisa waktu sebelum permainan dimulai sembari kamu melakukan aktivitas lain untuk beberapa saat. Misal nyiapin cemilan atau kopi dulu. Kalau ada fitur ini auto terhindar AFK (kabur dari permainan) nih Sob. Hihihi.

Tak hanya itu Sob, smartphone ini sangat memanjakan gamer seperti kamu dengan fitur Multi-Turbo yang membuat aktivitas gaming jadi lancar dan mengurangi frame-drop hingga 300%. Gak ada lagi ngelag nih saat main game. Benar-benar smartphone kelas S1. Gak seperti kelas-kelas SD, SMP, atau SMA. Hihihi

Era Media Sosial dan IoT Berkembang Pesat

Selain perkembangan ponsel begitu pesat di era ini, media sosial dan IoT (Internet of Thing) juga berkembang pesat Sob. Pengguna sosial media meningkat di mana-mana dan semua hal kehidupan juga terhubung ke internet.

Wajar bila saat ini banyak orang yang sering menghabiskan waktunya di dunia maya dan bergabung di sebuah social club. Seperti: Forum handphone android, komunitas smartphone, komunitas gaming dan lain-lain demi bersosial dan belajar seluk beluk ilmu yang dibagi di sebuah komunitas.

Oh iya ngomongin tentang komunitas, ada loh komunitas smartphone android Vivo, yaitu VivoClub.id. Komunitas ini menjadi forum diskusi pengguna Vivo di Indonesia loh. Vivo Club hadir sebagai platform media untuk para fans bertukar informasi terkait hal-hal yang sedang trend, terutama bidang teknologi dan smartphone photography.

VivoClub.id Forum
Official VivoClub.id

Gimana Sob keren kan? Kamu bisa belajar banyak dari komunitas ini. Mulai dari pengenalan produk, diskusi dengan para ahli android, tanya-tanya dan hal banyak lainnya. Minat untuk bergabung? Ini aku kasih linknya:

Oke Sob aku rasa cukup petualangan kita menjelajah waktu kali ini. Btw minat untuk memiliki salah satu smartphone zaman S1? Atau bahkan udah punya? Atau jangan-jangan masih mempertahankan ponsel “cetuk” karena masih sayang? Hihihi. Beri komentar di bawah ya.


Spesifikasi Lengkap Vivo S1

Spesifikasi Vivo S1

  • CPU

    • Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm)
  • Sistem Operasi

    • Android 9.0 (Pie); Funtouch 9
  • RAM

    • 4GB RAM
  • ROM

    • 128 GB
    • microSD up to 256 GB (dedicated slot)
  • Display

    • Super AMOLED capacitive touchscreen
    • 6.38 inches
    • 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio
  • Camera

    • 16 MP, f/1.8, 1/2.8″, 1.12µm, PDAF
    • 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide)
    • 2 MP, f/2.4, depth sensor
    • 32 MP, f/2.0 Selfie Camera
  • Networking

    • GSM / HSPA / LTE
    • Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Body

    • 159.5 x 75.2 x 8.1 mm
    • 179 g
  • Baterai

    • Non-removable Li-Po 4500 mAh battery
  • Fitur

    • Fingerprint (Touch ID), accelerometer, proximity, compass
    • GPS with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
    • microUSB 2.0, USB On-The-Go
  • Color

    • Cosmic Green
    • Skyline Blue
  • Harga

    • Rp. 3.599.000

Source
Materi: Vivo Indonesia, GSM Arena
Raw Pic: Vivo Indonesia, Freepik, Alphacoders, PUBG, Flaticon
Image Editor: Delonix Vanesta (semua gambar di artikel ini adalah hasil editan penulis)

NB: Harga ada di tabel spesifikasi