Memilih Domain: Sepenting Memilih Tempat Bisnis

Memilih Domain

Apa itu Domain?

Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah situs web (sebagai alamat web di internet). Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna mengunjungi situs web dengan mengetikkan domain tersebut di browser. Alamat domain juga sering disebut alamat website (alamat URL). Gimana sudah ada gambaran kan Sob? Setelah kita tahu apa itu domain, kali ini kita akan membahas seluk beluk memilih domain dan mengapa domain itu penting.

Oh iya bagi kamu yang baru saja belajar dan ingin memulai membuat blog atau website dari tahap awal, aku rekomendasikan untuk membaca Membuat Blog: Panduan Lengkap Pemula ya.

Mengapa Domain itu Penting?

Secara umum domain adalah komponen vital dalam dunia internet Sob. Domain digunakan sebagai alamat web di internet. Setiap web memiliki alamat IP sebagai alamat di internet seperti contoh 172.16.254.1. Dikarenakan mengingat IP untuk sebuah website adalah hal yang rumit, bahkan bakal kesulitan ketika kita punya banyak bookmark, maka dibuat lah domain name system yang memudahkan untuk mengingat atau menulis setiap alamat website seperti https://ervanto.com.

Mengapa domain begitu penting untuk bisnis?
Mengapa domain begitu penting untuk bisnis?

Namun domain tidak hanya berfungsi sebagai “jalan pintas” saja di internet, tapi lebih dari itu. Memilih domain yang baik akan memudahkan bisnis berkembang dan membentuk kredibilitas suatu brand.

Domain Membantu Membangun Brand

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Secara sederhananya domain akan mempresentasikan bisnis kamu Sob. Pemilihan domain yang baik sesuai dengan brand atau isi konten akan meningkatkan perhatian dan ingatan pelanggan terhadap suatu merek.

Ketika pelanggan akan mencari bisnismu di search engine, paling tidak mereka akan memilih domain yang sesuai dengan kata kunci atau paling relevan. Dengan begitu domain yang tertarget sesuai brand yang dicari akan memiliki trafik lebih dan bisnis bisa berkembang. Ketika bisnis berkembang, tentunya akan banyak dollar yang masuk ke kantong.

Domain Menambah Kredibilitas

Memiliki domain sendiri (TLD) akan membuat bisnis kamu terlihat profesional dan kredibel loh Sob. Bayangkan saja jika terdapat dua domain bisnis yang mirip misal https://ervanto.com dan https://ervanto.blogspot.com di mesin pencari, tentunya pengunjung akan lebih memilih https://ervanto.com dibanding domain satunya.

Pengunjung akan lebih percaya website bisnis yang serius dalam pengelolaan. Jika suatu bisnis tidak berupaya serius dengan mengeluarkan sedikit uangnya untuk membeli domain TLD, maka pengunjung juga akan berpikir “Akan kah bisnis tersebut berupaya menyajikan pelayanan yang optimal dan produk yang bagus?” Tentu hal tersebut akan mengurangi kepercayaan dari pengunjung.

Tips Memilih Domain

Seperti memilih tempat bisnis di dunia nyata yang sebaiknya mudah dilihat, akses mudah, pertimbangan biaya dan lain-lain, memilih domain yang baik juga memiliki pertimbangan sendiri nih Sob. Kita nggak mau kan kalau alamat dan tempat bisnis kita di internet tidak sesuai apa yang ditargetkan? Apalagi kalau sampai terbengkalai. Maka dari itu di bawah ini aku sajikan beberapa tips memilih domain yang baik nih Sob.

Sesuaikan dengan isi Konten Web atau Brand

Domain dapat mempresentasikan apa brand kamu, apa isi dari web kamu Sob. Jadi usahakan nama domain kamu sama atau paling tidak mirip dengan Brand, konten atau bisnis yang kamu geluti Sob. Misal: domain https://www.rumahweb.com untuk situs penyedia Domain murah, sewa Hosting Indonesia.

Dengan domain yang sesuai dengan isi konten / brand, pengunjung akan lebih mudah mengingat dan memahami isi dari sebuah web. Juga lebih mudah memilih situs web yang tepat melalui penamaan domain yang sesuai dengan bisnis tersebut di search engine.

Gunakan Ekstensi Domain TLD yang Familiar

Poin ini bukanlah hal yang sangat wajib, namun direkomendasikan agar bisnis kamu bisa berkembang tanpa hambatan. Dalam beberapa hal, ada kasus di mana beberapa domain gratisan seperti .ga, .tk, .ml, dan domain bermasalah lain tidak bisa diindeks dengan baik di mesin pencari. Bahkan ada yang dibanned oleh mesin pencari atau provider tertentu. Hal tersebut akan mengakibatkan situs bisnis kita tidak ditemukan di mesin pencari dan tidak bisa diakses sehingga membuat bisnis sulit untuk berkembang.

Adapun hal lain, ketika kita menggunakan domain gratisan tersebut, kita tidak sepenuhnya memiliki kewenangan terhadap domain. Jadi sewaktu-waktu bisa diambil lagi oleh penyedianya. Maka dari itu Sob, pilihlah domain yang familiar yang aman terhadap masalah-masalah di atas tadi. Seperti domain .com, .net, .org, .id dan lain-lain sesuai kebutuhan dan tipe situs kamu.

Memilih Domain yang Mudah Diingat dan Ditulis

Kriteria memilih domain yang mudah diingat dan ditulis
Kriteria domain yang mudah diingat dan ditulis

Gunakan domain yang mudah diingat dan ditulis ya Sob. Hal ini akan membantu memudahkan pengunjung untuk menyimpan dan mengunjungi kembali situs web kamu Sob. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mendapat pelanggan setia yang sering mengunjungi situs bisnis kamu.

Statistik Panjang Nama Domain dari 250 Web Populer
Statistik Panjang Nama Domain dari 250 Web Populer. Sumber: Alexa

Adapun hal yang tak kalah penting agar domain kamu mudah diingat dan ditulis yaitu memilih domain yang pendek. Fakta dalam beberapa penelitian sejumlah situs terbaik 70% diantaranya memiliki nama domain rata-rata 8 karakter. Hal tersebut memiliki beberapa kelebihan antaranya mudah diingat, dieja, deskriptif, brandable (bisa dijadikan brand).

Hindari Penggunaan Nomor dan Tanda Hubung dalam Memilih Domain

Menghindari penggunaan nomor dan tanda hubung adalah salah satu kiat penting dalam tips memilih domain Sob. Penggunaan tanda hubung dan nomor akan menyulitkan untuk diingat. Misal domain rumahweb.com akan lebih mudah diingat daripada rumah-web.com karena pengunjung munkin akan lupa tanda hubung ada di domain tersebut sehingga banyak dari pengunjung “nyasar” ke alamat rumahweb.com yang seharusnya mengunjungi rumah-web.com.

Adapun penggunaan nomor juga demikian. Misal kamu mengingingkan domain ervanto.com namun domain tersebut tidak tersedia, maka kamu memilih domain ervanto36.com yang masih tersedia. Namun kenyataannya hal tersebut akan mempersulit pengunjung ketika harus mengingat nomor yang benar di domain tersebut. Akan lebih aman jika kamu menggunakan nama domain lain untuk branding dan memakai ekstensi yang berbeda.

Hindari Menggunakan Brand Orang Lain

Ini dia hal yang biasanya banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin memperoleh nama dan trafik secara instan. Meskipun memilih domain dengan menggunakan brand orang lain dengan ekstensi berbeda tidak ada larangan (dalam prosedur pembelian domain), namun hal tersebut bisa saja mengganggu pengunjung saat ingin mengunjungi situs web yang asli.

Bahkan dalam beberapa kasus, domain tiruan tersebut digunakan untuk kehajatan Phising (meniru web asli dengan domain mirip untuk mencuri akun). Misal domain asli Milik BCA: klikbca.com ditiru dan dibuat web phisingnya menjadi kilkbca.com, clikbca.com, klickbca.com dan klikbac.com. Bagi pengunjung yang kurang teliti pasti banyak yang memasukkan info akun pentingnya di tempat yang salah. Jelas hal tersebut sangat tidak diperbolehkan ya Sob.

Memilih Domain Registrar yang Kredibel dan Mudah

Kriteria Registrar Kredibel dan dapat dipercaya
Kriteria Registrar Kredibel dan dapat dipercaya

Oh iya Sob, ada hal yang perlu kamu tahu juga nih. Yaitu memilih domain registrar yang kredibel dan mudah. Ada beberapa kriteria nih saat memilih penyedia layanan domain dan hosting:

  • Terdaftar dan tersertifikasi (ICANN dan PANDI)
  • Berpengalaman
  • Live support 24 jam
  • Harga
  • Fitur lengkap (transfer domain, privasi, parking domain, dll)
  • Review bagus
  • Pembayaran mudah

Wah banyak banget kriterianya. Susah dong nyari penyedia kaya gitu? Nggak juga Sob, contoh nih registrar yang telah memenuhi kriteria tersebut yaitu Rumah Web. Selain telah memenuhi semua kriteria di atas, Rumah Web juga memiliki CS Support yang siap membantu kamu 24 jam loh Sob. Bahkan sampai bersedia mengecek web kita ketika ada kendala.

Dulu aku pernah memiliki kendala dalam backup data suatu website penting di salah satu lembaga. Web sudah lama tidak diperbarui akhirnya jatuh tempo dan website down bulanan, namun berkat bantuan CS Rumah Web yang ramah dan sangat support dengan masalah kami, maka web dapat pulih seperti sedia kala.

Gimana Sob, penjelasan tentang memilih domain? Sebegitu pentingnya domain, kita harus tahu dulu seluk beluk pemilihan domain dan mengapa sih domain begitu penting bagi bisnis dan web kita. Agar kelak kita tidak mengalami kendala dan apa yang kita usahakan dapat berkembang dengan semestinya. Aku harap penjelasan di atas bisa membantu kamu menjawab pertanyaan “Mengapa domain itu penting dan kiat-kiat memilih domain yang baik.”