Software ERP SystemEver: Membangun Bisnis Unggul

Membahas tentang bisnis mungkin sedikit bikin pusing ya? Namun bagaimana jika suatu bisnis dipadukan dengan teknologi yang akan membantu bisnis semakin berkembang dan unggul? Emang ada? Ada kok, namanya Software ERP (Enterprise Resource Planning). Nah, kali ini aku akan mengenalkan ke kalian sebuah Software ERP murah SystemEver yang merupakan Software ERP terbaik di Indonesia. Yuk simak!

Apa Itu Software ERP?

Apa itu Software ERP
Apa itu Software ERP

Kalian pernah gak sih mendengar apa itu Software ERP? Kalau belum, mari kita berkenalan dulu yuk!

Secara sederhana Software ini digunakan untuk mengelola dan mengintegrasikan aktivitas operasional dalam sebuah bisnis. Mulai dari mengelola keuangan, produksi, management SDM, proyek dan lain-lain.

ERP dijalankan melalui dukungan seperangkat infrastruktur komputer dan aplikasi, baik berupa perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (aplikasi) yang digunakan untuk memudahkan pengelolaan data dan informasi dalam sebuah perusahaan.

Sistem ini dapat menampilkan informasi secara realtime dan akurat. Sehingga dengan adanya software sistem ERP ini, tentu akan memudahkan pelaku bisnis semakin berkembang. Pelaku bisnis dapat mengambil keputusan dengan tepat sesuai data yang ditampilkan secara langsung. Dengan pengumpulan sumber data yang bisa diintegrasikan secara bersamaan, sangat efektif untuk mencegah kekeliruan data dan duplikasi.

Siapa Saja yang Dapat Menggunakan Software Sistem ERP?

Software ERP terbaik di Indonesia
Perusahaan yang Butuh Software ERP

Awalnya software ini diperuntukkan untuk perusahaan berskala besar saja (Enterprise Company). Namun sekarang ini sudah berkembang pesat ke berbagai sektor seperti ritel, jasa, real estate, bahkan Small and Medium Enterprises alias Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pun dapat menggunakan software ERP.

Setiap perusahaan dari skala kecil UKM sampai yang besar tentu dihadapi dengan adanya pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, dan hal lain yang tak terpisahkan. Di era revolusi industri 4.0 tentu management yang baik, dan mumpuni sangat dibutuhkan demi kemajuan sebuah perusahaan.

Dengan adanya software ini, pemilik bisnis dapat menjamin semua departemen terkoneksi dan terintegrasi dengan baik. Pemilik bisnis juga dapat mengawasi dengan optimal di manapun dan kapan saja secara realtime.

Nah sebelum memutuskan menggunakan sebuah software, tentu sebuah perusahaan terlebih dahulu harus tahu kebutuhan dan juga mengetahui kegunaan serta manfaat penggunaan software ERP, dalam artikel ini akan dibahas kegunaan dan manfaatnya untuk bisnis. Yuk simak!

Kegunaan dan Manfaat Software ERP untuk Bisnis

Akan sangat menyulitkan jika sebuah perusahaan memiliki banyak sumber daya manusia dengan aktivitas yang padat, koneksi antar elemen (luar perusahaan) atau koneksi departemen yang banyak, jika tidak diimbangi dengan manajemen yang optimal. Secara sederhana, manfaat menggunakan Software sistem ERP dalam bisnis tentu akan memudahkan operasional dan efisiensi kinerja sebuah perusahaan. Nah berikut beberapa penjelasannya:

Mengelola Manajemen yang Terintegrasi dan Efisien

Salah satu kegunaan yang paling utama adalah melakukan otomatisasi dan pengoptimalan berbagai aktivitas operasional yang kompleks. Seperti penambahan produk, cek inventaris, tugas karyawan, pemantauan, pembuatan laporan keuangan, penggajian, dan lain-lain dapat dilakukan secara otomatis dan terintegrasi.

Dengan semua elemen perusahaan yang terhubung secara efisien, akses data yang cepat dan akurat, pemilik perusahaan, manager atau decision maker dapat mengontrol serta memantau perusahaan dengan lebih mudah.

Meningkatkan Kolaborasi

Kolaborasi dalam suatu perusahaan sangatlah penting. Pertukaran informasi secara akurat dan cepat sangat diperlukan untuk menunjang kinerja. Dengan software sistem ERP, suatu departemen dapat mengakses berbagai data yang saling terhubung antar departemen tanpa harus mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan.

Cloud ERP
Cloud ERP

Adapun software cloud ERP memungkinkan pengguna untuk mengakses data dimana pun dan kapanpun dengan berbagai perangkat lewat jaringan internet. Sehingga dapat memperluas kolaborasi ke seluruh elemen perusahaan meski sedang di luar kantor. Tentu sistem cloud ERP menjadi hal yang sangat dibutuhkan perusahaan di era revolusi industri 4.0 ini.

Menghemat Biaya

Dengan penggunaan software ini, perusahaan dapat memangkas biaya-biaya operasional dan administrasi. Biaya penambahan tenaga kerja di bagian administrasi bisa dikurangi karena semua telah terintegrasikan secara otomatis di sistem. Perusahaan juga tidak perlu membeli beberapa aplikasi berbeda untuk setiap departemen.

Selain itu, dengan adanya data yang akurat dan terintegrasi secara realtime, memudahkan perusahaan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan pemangkasan biaya-biaya yang kurang penting dan penyesuaian anggaran supaya lebih efisien.

Meningkatkan Produktivitas

Dikarenakan beberapa pekerjaan sudah diotomatisasi dengan software ERP, karyawan bisa lebih fokus dengan pekerjaannya tanpa kawatir diganggu oleh pekerjaan manual yang memakan banyak waktu dan pengulangan.

Nah setelah kita tahu apa itu Software ERP, kegunaan serta manfaatnya, sekarang pasti kalian penasaran kan contoh dari aplikasi ini? Kali ini kita akan berkenalan dengan SystemEver, Software ERP terbaik di Asia Tenggara.

Alasan Mengapa Memilih Software Sistem ERP SystemEver

Software ERP terbaik di Indonesia
Alasan memilih SystemEver

Software sistem ERP sudah digunakan sejak puluhan tahun lalu oleh perusahaan-perusahaan besar di Amerika dan Eropa. Tidak heran banyak juga aplikasi ERP terbaik di market luar sana.

Salah satu yang terbaik adalah SystemEver sebuah aplikasi yang diproduksi oleh YoungLimWon(永林院) SoftLab Co.Ltd. Hal yang paling membedakan dengan aplikasi lain adalah SystemEver bisa digunakan oleh Small and Medium Enterprises alias Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Bukan hanya bisa digunakan untuk perusahaan perskala besar saja.

Nah selain kelebihan di atas, berikut beberapa alasan mengapa harus memilih SystemEver:

Berpengalaman dan Teruji

Berbekal pengalaman 27 tahun, SystemEver telah digunakan oleh lebih dari 1600 pelanggan yang tersebar di Korea, Jepang, Cina, Vietnam dan Indonesia.

Hal ini membuktikan bahwa YoungLimWon telah dipercaya oleh banyak perusahaan untuk bersama-sama mengembangkan bisnisnya.

Akses Software Dimana Saja

SystemEver dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui akses internet. Pemilik perusahaan dapat memantau seluruh kinerja perusahaan hanya berbekal laptop atau smartphone meski sedang tidak di kantor.

User Interface Visual-K yang Mudah

Beberapa fitur unggulan SystemEver adalah user interface yang mudah, yaitu Visual-K. Fungsi dari fitur ini akan membuat pengguna lebih mudah dalam menggunakan aplikasi. Tampilan antar muka terbaru tanpa menggunakan pull down sehingga menjadi lebih sederhana digunakan dan membuat pengguna lebih nyaman dalam bekerja.

Layanan Bantuan Consultan-K

Layanan bantuan Consultan-K sangat berguna bagi perusahaan yang mengalami kesulitan dalam konfigurasi software ERP. Layanan ini memudahkan perusahaan untuk berkonsultasi berkaitan dengan konfigurasi dan masalah aplikasi.

Tentu dengan hadirnya layanan bantuan Consultan-K, perusahaan tak perlu menghabiskan waktu lama untuk konfigurasi dan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih mahal untuk konsultasi.

Beragam Produk Sesuai Kebutuhan

SystemEver memiliki produk iSeries yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. iSeries hadir dengan unit model (i1, i2, i3) dan integrasi sistem ERP (i5 & i7).

Harga Terjangkau

SystemEver merupakan software ERP murah di kelasnya yang menawarkan beberapa pilihan produk sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan menggunakan software ERP murah dan berkualitas ini, perusahaan bisa melakukan perencanaan anggaran lebih efisien dan efektif.

Software ERP dengan Pilihan 5 Bahasa

Demi meningkatkan layanannya di tingkatan global, SystemEver dibekali dengan 5 pilihan bahasa yang akan memudahkan penggunaan aplikasi bagi pengguna dengan bahasa yang berbeda. Bahasa yang tersedia antara lain bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Vietnam dan Indonesia.

Produk Software ERP SystemEver Berdasarkan Fitur

Produk SystemEver® berdasarkan fiturnya terbagi atas 2 jenis yaitu: Consultan-K dan Visual-K

Consultan-K

Consultan-K
Consultan-K

Nah fitur ini cocok sekali untuk perusahaan yang ingin menghemat waktu dan tenaga. Fitur ini akan mempermudah perusahaan untuk konfigurasi dan implementasi sistem pada perusahaan.

Dengan penggunaan fitur Consultan-K perusahaan tak perlu lagi khawatir akan kesalahan dalam konfigurasi serta tidak perlu lagi mempekerjakan staff TI khusus untuk konfigurasi dan pengoprasian.

Consultan-K tentu merupakan fitur unggulan yang mebuat SystemEver menjadi Software ERP terbaik di Indonesia.

Visual-K

Tampilan Visual-K
Tampilan Visual-K

Fitur unggulan lain dari SystemEver yaitu Visual-K. Fitur ini akan memudahkan para penggunanya dalam menjalankan proses kerja, karena semua sudah ditangani Visual-K. Proses kerja yang terpetakan dengan visual yang sederhana, hanya dengan satu kali klik pada proses kerja yang dituju, pengguna sudah bisa langsung bekerja dengan nyaman.

5 fitur di dalam VIsual-K
5 fitur di dalam VIsual-K

Dengan dukungan 5 bahasa, tentu akan mempermudah pengguna. Semua fitur pada SystemEver dapat diakses dengan menggunakan berbagai macam bahasa yang dapat dipilih, seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Vietnam serta Bahasa Indonesia.

Meskipun SystemEver merupakan Software ERP murah di kelasnya, tapi memiliki fitur yang sangat memanjakan pengguna.

Produk Software ERP SystemEver Berdasarkan Versi

Setelah kita mengetahui produk SystemEver berdasarkan versi, sekarang kita akan mengenal beberapa produk menurut versi yaitu iSeries. iSeries yang dibuat khusus untuk pasar Indonesia dan diluncurkan sejak tahun 2017. Produk SystemEver tersebut terbagi atas 2 kategori yaitu: Unit Model (il, i2 & i3) dan Integrated ERP System (i5 dan i7).

i1 Series (Manajemen Akuntansi)

Ini nih jenis produk yang sangat direkomendasikan bagi perusahaan yang butuh sistem akuntansi pemula. i1 Series sangat mudah digunakan dan efisien. Sehingga sangat cocok bagi perusahaan yang baru mengawali menggunakan sistem ERP.

i2 (HR / Manajemen Penggajian)

i2 Series diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin mudah mengelola sistem keuangan dan gaji karyawan. Selain mengatur manajemen gaji dan keuangan, i2 juga dapat lebih mudah mengelola absensi karyawan.

i3 (Manajemen Persediaan/Inventory Management)

i3 Series memiliki fungsi integrasi antara inventory dengan pembelian dan penjual. Perusahaan akan lebih mudah memonitor sistem penjualan, penentuan harga dasar, membatasi akses antar devisi, serta menjaga kerahasiaan penjualan.

i5 (Manajemen Penjualan dan Distribusi)

Software ERP i5
Software ERP i5

i5 mempunyai fitur i3 ditambah dengan fitur pencatatan akuntansi seluruh kegiatan yang terkait profit atau keuntungan secara otomatis serta terintegrasi dengan sistem akuntansi, pembelian barang, impor, export, dan gaji.

i7 (Manajemen Pabrik/Manufacturing Management)

Dengan menggunakan i7, manajemen pabrik dapat lebih efektif dan efisien dalam menjalankan aktivitas usahanya karena sistem satu ini terintegrasi secara lengkap ke seluruh divisi dan pemanfaatannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan manajemen perusahaan.

Kesimpulan Software ERP SystemEver

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa Software ERP itu penting bagi perusahaan. Sebelum menggunakannya, alangkah baiknya perlu tahu dahulu kebutuhan perusahaan dan spesifikasi produk yang akan digunakan.

SystemEver® adalah software ERP yang memiliki fungsi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. SystemEver menjadi sistem ERP yang cocok untuk berbagai perusahaan seperti manajemen persediaan, manufaktur, keuangan, logistik, produksi dan sebagainya.

Untuk info lebih lanjut tentang Sofware ini, kalian bisa mengunjungi di sini ya: https://systemever.co.id/

By: Delonix Vanesta
Infographic: SystemEver Indonesia