Asus VivoBook Ultra A412DA: Rainbow in Your Hands

Asus VivoBook Ultra A412DA Rainbow in Your Hands

Hai kamu, iya kamu. What’sApp up? Gimana kabarmu Sob? Hari-hari yang yang sibuk dan melelahkan? Atau hari yang indah untuk jiwa-jiwa yang patah? Ya apapun harimu, aku harap kamu tetep baik-baik saja Sob karena kali ini kita akan menyapa teman baru yang akan menemani hari-hari sibuk dan melelahkanmu. Yaitu Asus VivoBook Ultra A412DA.

Once A Upon Prologue

Ngomongin tentang hari yang melelahkan, jadi teringat hari di mana aku pergi ke luar kota untuk mengisi pelatihan web develop dan desain. Hari yang lumayan menyenangkan sih, dapat teman baru, sharing dan tukar pikiran. Tapi tak sepenuhnya menyenangkan karena di hari itu aku terpaksa ngos-ngosan gotong seperangkat Personal Computer (PC) full tower dan monitor 21.5 inch dari rumah ke tempat pelatihan. Bayangkan saja di zaman era digital yang serba ringkas dan mudah ini masih ada orang yang pakai perangkat PC untuk dibawa kemana-mana.

Ya mau gimana lagi, orang cuma punya PC kesayangan ini si Red Eyes B. Dragon (panggilan kesayangan). Laptopku yang jadul sudah aku “kanibalin” buat dirakit ke PC. Dasar PC psychomaniac emang. Bagiku PC adalah tempat produktivitas yang powerful dan dapat diandalkan. Namun setelah hari pelatihan itu, aku mendapat hidayah dan segera “bertobat” bahwa PC ini bukanlah segalanya. Masak iya aku harus selalu gotong PC ke setiap pelatihan atau saat meetup bareng temen-temen. Gila aja. Kalau di rumah sih fine-fine aja pakai PC. Tapi kalau buat urusan fleksibilitas dan portabilitas, angkat tangan.

Aku harus bisa improvisasi dan butuh sesuatu yang lebih fleksibel untuk terus survive di segala kondisi. Kata teman yang dulu sesama PC Pyschomaniac “Kamu masih pakai PC buat semua aktivitas? Tobat bro. Sekarang zamannya serba ringkas dan fleksibel.” katanya sambil membawa notebook barunya. Ya mungkin benar, aku butuh teman setia baru yang fleksibel, ringkas, dan powerful, namun tetap stylish seperti Asus VivoBook Ultra A412DA ini contohnya.

Oh iya pas banget beberapa hari yang lalu ASUS Indonesia telah menghadirkan Asus VivoBook Ultra A412DA di Indonesia loh. Si VivoBook penuh warna paling ringkas di kelasnya yang diperkuat dengan prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series, baik Ryzen 3 maupun Ryzen 5.

Yuk kenalan dengan teman baru kita. Apa saja sih hal yang bakal kamu peroleh ketika punya notebook ini? Cekidot.

Asus VivoBook Ultra A412DA Si Teman Setia

Hal pertama yang bakal kamu peroleh ketika punya notebook Asus VivoBook Ultra A412DA adalah fleksibilitas dan portabilitas. Gimana nggak kalau notebook ini saja memiliki desain yang ringkas dengan panjang 32 cm, lebar 21 cm, dan ketebalan 2 cm saja. Beratnya pun cuma 1.5 kg meski memiliki layar 14 inch. Wah cocok banget kan dijadikan teman setia kita untuk produktivitas sehari-hari entah itu di rumah, kantor, atau pun outdoor? Nggak kaya si Red Eyes yang bisanya cuma jaga rumah. Eh.

Selain ringkas, notebook ini pun terbilang elegan dengan layar desain NanoEdge FHD 14″. Memberikan pengalaman visual yang nyaman berkat bezel ultraslim 5.7mm dengan screen-to-body ratio 87%. Satu kata untuk desain ini: Epic. Seperti gaya-gaya smartphone kekinian yang bezel-less.

Asus VivoBook Ultra A412DA NanoEdge Display - Layar dengan bezel ultraslim
NanoEdge Display – Layar dengan bezel ultraslim

Tak cukup di situ Sob, meskipun notebook ini memiliki desain body yang ringkas nan kecil, namun performanya bukan berarti kecil ya. Asus VivoBook Ultra A412DA ini ditenagai prosesor keluarga AMD Ryzen Mobile 2nd Gen terbaru. Prosesor yang memberikan performa lebih kencang, serta lebih efisien berkat dukungan fitur power-saving pintar AMD SenseMI dan diproduksi menggunakan fabrikasi 12nm FinFET terbaru. Adapun varian yang hadir di Indonesia, ada Ryzen 3 3200U dengan grafis Radeon Vega 3 dan Ryzen 5 3500U dengan grafis Radeon Vega 8.

Untuk RAM dibekali dengan 4GB DDR4 onboard untuk varian Ryzen 3 dan 8GB untuk varian Ryzen 5. Tersedia juga socket expansion 1 x SO-DIMM yang bisa diupgrade sampai 12GB. Sedangkan media penyimpanan tersemat 1TB 5400 rpm SATA HDD yang juga tersedia 1x slot Upgradable M.2 SSD.

Gimana Sob? Notebook ini benar teman setia yang dapat diandalkan kan? Buat produktivitas oke, editing media seperti Photoshop oke, atau barang kali lagi jenuh pengen ngegame? It’s ok. Eh tapi bukan cuma sampai itu, coba lanjut baca berikutnya biar kamu tambah yakin. Masih banyak loh hal menarik yang bakal kamu dapat dari notebook ini.

Warnamu Ekspresikan Gayamu

Baik, lanjut ya Sob. Ini nih satu hal yang bikin Asus VivoBook Ultra A412DA patut jadi teman setia kamu. Pilihan warna yang colorful sesuai gaya dan style kamu yang bikin kamu jatuh cinta dan tak bosan-bosan membawanya ke mana pun kamu pergi.

Ingin tampil simpel elegan? Pilih warna Transparent Silver atau terlihat gagah dengan warna Slate Grey. Bagi yang suka unik bisa pilih Peacock Blue yang berubah warna saat dilihat dari sudut yang berbeda. Bagi cewek yang suka feminin dan ingin terlihat menonjol, Coral Crush dapat mencerminkan karaktermu.

Tuh kurang apa lagi coba? Selain ringkas, mudah dibawa dan fit di tangan, namun juga colorful sesuai style kita. Pokoknya worth it banget. Layak diberi label “Pelangi di matamu”. Eh maksudnya “The Rainbow in Your Hands“.

Login Sekali Sentuh dengan Windows Hello

ASUS VivoBook Ultra A412DA - Windows Hello
ASUS VivoBook Ultra A412DA – Windows Hello

Eh apa sih Windows Hello? Sistem operasi terbaru keluaran Microsoft ya? Bukan woi! Windows Hello adalah salah satu fitur login autentikasi biometrik yang ada di Windows 10 melalui pengenalan wajah dan sidik jari.

Nah di notebook Asus VivoBook Ultra A412DA ini telah dilengkapi sensor sidik jari bawaan di touchpad sebelah kanan atas. Jadi kamu bisa menggunakan fitur Windows Hello untuk login Windows. Cukup dengan sekali sentuh langsung wush. Gak perlu lagi kata sandi yang ribet.

Windows Hello One Touch Login
Login dengan sekali sentuh

Kekinian banget kan? Gak cuma smartphone yang punya sensor sidik jari, sekarang notebook juga punya fitur canggih ini. Jadi lebih aman dan lebih asyik tentunya. Terus cara pasang fitur ini gimana ya? Tenang fitur ini telah built in di notebook Asus VivoBook Ultra A412DA dengan Windows Home original pre-install. Wah berarti gak perlu lagi beli software lagi dong? Apalagi pakai bajakan!

Windows Hello Screenshot
Windows Hello Screenshot

Style dan Produktivitas Tanpa Batas

Produktivitas dan Style tanpa Batas
Style dan Produktivitas tanpa batas

Aku yakin kamu adalah orang yang punya produktivitas tinggi. Orang yang tidak bisa lepas dengan gadget demi mengejar deadline. Seperti ngeblog, buat tutorial di Youtube, develop web atau mengerjakan tugas kantor. Seakan hari-hari tak pernah berakhir tapi baterai notebook cepet banget berakhirnya. Hihihi. Maka dari itu kamu perlu teman setia yang cocok buat semua aktivitasmu itu Sob.

Untungnya si Asus VivoBook Ultra A412DA ini bisa membuat kamu produktif sepanjang hari loh. Dengan kapasitas 2 -Cell 37 Wh berkualitas tinggi dan fitur fast charging, notebook ini hanya membutuhkan waktu 49 menit untuk mengisi baterai 60%. Pas banget buat maraton deadline dan bisa dibawa lama-lama saat outdoor namun job masih numpuk.

ASUS VivoBook Ultra A412DA dengan fitur Ergolift
ASUS VivoBook Ultra A412DA dengan fitur Ergolift

Oh iya satu lagi fitur yang cocok untuk mendukung produktivitas kamu yang banyak dan melelahkan itu. Yaitu fitur ErgoLift. Fitur yang memberi kenyamanan mengetik dengan memberikan kemiringan pada keyboard 2° saat engsel layar dibuka. Gak bakal capek lagi ketika harus maraton siang-malam mengejar deadline.

Fitur ini juga memaksimalkan sirkulasi udara di bagian bawah laptop dan meningkatkan performa audio agar lebih optimal. Ditambah lagi dengan adanya ASUS Sonic Masterâ„¢ yang merupakan fitur kombinasi antara penyetelan audio, hardware, dan software yang bakal memberikan pengalaman audio yang luar biasa saat bekerja sambil mendengarkan musik. Hari-hari yang melelahkan terbayar tuntas.

ASUS VivoBook Ultra A412DA - Backlit Keyboard
ASUS VivoBook Ultra A412DA – Backlit Keyboard

Sedangkan di bagian papan ketiknya, terdapat chiclet keyboard 1.4mm key travel yang dilengkapi dengan backlit yang sangat berguna saat mengetik di tempat minim cahaya. Tuh bikin nyaman aja ini notebook buat lembur malam. Jangan lupa sediakan kopi buat lembur ya.

Menghubungkan dengan Dunia Luar

ASUS VivoBook Ultra A412DA - I/O Port
ASUS VivoBook Ultra A412DA – I/O Port

Demi menunjang fleksibilitas dan portabilitas, notebook ASUS VivoBook Ultra A412DA dilengkapi dengan berbagai I/O Port yang cocok buat kamu. Seperti USB Type C 3.1 yang bisa nancep bolak-balik, USB 3.1 yang 7x lebih cepat dibanding USB 2.0, port HDMI, USB 2.0, combo audio jack, dan microSD card reader.

Gimana lengkap kan? Semua perangkat dan file dapat terhubung dan ditransfer dengan mudah. Semua kenyamanan di atas dapat kamu peroleh ketika kamu punya notebook ini.

Alasan Kenapa Harus Beli Asus VivoBook Ultra A412DA

  • Menggunakan prosesor keluarga AMD Ryzen Mobile 2nd Gen terbaru dan dilengkapi grafis Radeon Vega.
  • Memiliki bobot ringat, body yang ringkas, dan pilihan warna yang stylish sangat cocok bagi kamu yang memiliki kegiatan dengan mobilitas tinggi. (kaya aku).
  • Memiliki fitur fingerprint dan Windows Hello yang memberikan keamanan ekstra saat notebook sering dibawa berpergian.
  • Daya tahan baterai tahan lama dan fitur fast charging.
  • Memiliki fitur ErgoLift dan backlit keyboard yang sangat berguna untuk menunjang produktivitas.

Spesifikasi Lengkap Asus VivoBook Ultra A412DA

Spesifikasi Asus VivoBook Ultra A412DA

  • Prosesor

    • AMD® Ryzen™ 5 3500U Processor
    • AMD® Ryzen™ 3 3200U Processor
  • Sistem Operasi

    • Windows 10 Home
  • Memori

    • 8 GB Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM
    • 4 GB Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM
  • Display

    • 14.0″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
  • Storage

    • 1TB 5400 rpm SATA HDD
    • 1x slot Upgradable M.2 SSD
  • Keyboard

    • Illuminated chiclet keyboard
  • Networking

    • Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2×2))
    • Bluetooth® 4.2
  • Interface

    • 1 x COMBO audio jack
    • 1 x Type-A USB2.0
    • 1 x Type-C USB 3.1
    • 1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1)
    • 1 x HDMI
  • Baterai

    • 2 -Cell 37 Wh Battery
  • Fitur Unggulan

    • Fingerprint
    • Windows Hello
    • Fast Charging
    • Asus SonicMaster
  • Adaptor Daya

    • Plug type :ø4 (mm)
    • Output : 19 V DC, 2.37 A, 45 W
    • Input : 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
  • Dimensi

    • 322 x 212 x 19.5 mm (WxDxH)
  • Berat

    • 1.5 kg dengan baterai
  • Certificates

    • UL, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, CB, Energy Star
  • Harga

    • Varian Ryzen 3 3200U: Rp 6.599.000
    • Varian Ryzen 5 3500U: Rp 8.599.000

An Epilogue-End

Ya begitulah Sob penjelasan tentang teman baru kita si Asus VivoBook Ultra A412DA. Notebook yang kamu banget yang memiliki produktivitas dan mobilitas tinggi. Gak kaya si Red Eyes yang cuma bisa produktivitas tanpa mobilitas. Trauma aku gotong-gotong red eyes lagi. Hihihi.

Saat suatu ketika aku mengisi pelatihan bareng teman lagi, aku ditanya “Eh mana PC mu gak digotong lagi?” Aku jawab “Lah capek, barusan aja selama 2 bulan Red Eyes aku gotong ke kantor buat nginep di sana.” Gila emang demi produktivitas Sob, aku bela-belain. Ketika ditanya kapan mau ganti pakai notebook, aku jawab “Tau nih masih gelap, sedang badai kayaknya.” Terus dia bilang “It’s fine bro, tau gak sesuatu yang indah datang setelah badai? Pelangi. Masa depan ada ditanganmu bro.” – Rainbow in your hands.

Source:
Pic: Asus Channel Site, Freepik
Materi: Asus Indonesia,
*Keterangan harga produk ada di tabel spesifikasi